Toyota Avanza Veloz 1.5 vs Nissan Grand Livina, Mana yang Lebih Unggul?



Kabar16
- Toyota Avanza dan Nissan Grand Livina adalah dua mobil MPV yang sama-sama hadir untuk menjadi pilihan mobil keluarga. Toyota Avanza jelas hadir lebih awal sebagai pemimpin di kelas MPV yang dikemudian hari lahir para pesaing. Sebut saja Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, dan Nissan Grand Livina, mereka hadir untuk merebut pasar MPV yang selama ini dikuasai oleh Toyota Avanza.

Pada kali ini kami hanya akan coba melakukan komparasi pada dua merek saja yaitu Toyota Avanza Velos sebagai varian tertinggi dari keluarga avanza dan Nissan Grand Livina.

Pilihan Mesin
Ke dua mobil jenis MPV ini berlomba-lomba untuk efisiensi dalam penggunaan bahan bakar. Jika Toyota Avanza Veloz 1.5 menggunakan mesin 1.496 cc dual VVT-i yang mampu mengeluarkan tenaga maksimum 104 dk/6000 rpm dan torsi maksimum 136 Nm/4400 rpm, maka Nissan grand Livina HWS yang menggunakan mesin 1.500 cc SOCH i-VTEC silinder segaris yang sanggup menyemburkan tenaga maksimum sebesar 109 dk/5600 rpm dan torsi maksimum 143 Nm/4000 rpm.

Konsumsi BBM
Untuk konsumsi bahan bakar, Toyota Avanza Velos mampu menempuh jarak 12,5 km/liter untuk dalam kota dan 18,5 km/liter untuk jalan bebas hambatan.
Sedangkan Nissan Grand Livina mampu menempuh jarak 13,2 km/liter untuk dalam kota dan 18,2 km/liter untuk jalan bebas hambatan.

Pilihan Transmisi
Dari ke dua mobil MPV ini, msaing- masing menggunakan transmisi otomatis, Nissan Grand Livina menggunakan teknologi CVT untuk transmisi otomatisnya. Sedangkan Toyota Veloz menggunakan transmisi otomatis 4-percepatan

Harga
Nissan Grand Livina HWS dihargai Rp 222,1 juta. Sedangkan Toyota Avanza Veloz dibanderol harga Rp 226, 9 juta.

Kesimpulan

Toyota Avanza veloz memiliki performa dan pengendalian yang baik. Dibanding Nissan Grand Livina, mesin Toyota Avanza Velos lebih responsive di putaran bawah. Kelebihan Avanza yang lain dibanding Grand Livina  adalah ruang interior lebih lega dan memiliki ground cleance lebih tinggi yang tentunya lebih aman dibawa ke jalan pedesaan. Kekurangan dibanding Grand Livina adalah plat bodynya sangat tipis, kualitas dan desain interior standar, desain eksterior monoton.

Nissan Grand Livina mampu memberikan hiburan keluarga yang lengkap, lebih nyaman, suspensi lebih empuk, interior lebih mewah dan berkualitas, plat body lebih tebal. Mesin lebih bertenaga, handling yang sangat baik dan stabil di kecepatan tinggi. Grand Livina memiliki ground clearance yang rendah, lebih ceper dibanding Avanza sehingga kurang cocok di jalan pedesaan yang rusak penuh lubang. Grand Livina juga belum dilengkapi keamanan anti pencurian seperti immobilizer.

Itulah sekilas perbandingan antara Toyota Avanza Veloz dan Nissan Grand Livina. Mana yang terbaik? silakan anda yang menilai karena bagus tidaknya sebuah kendaraan kembali pada selera dan fungsi tujuan penggunaannya. (red/kab16)

Diberdayakan oleh Blogger.